Connect with us

DIGITAL

Bukalapak Pentingkan Pelapak daripada Jadi Decacorn

Published

on

Co-founder dan President Bukalapak, Fajrin Rasyid.

Zone.co.id, Jakarta – Bukalapak memilih fokus dalam memberdayakan pelapak dari usaha kecil ketimbang menjadi decacorn atau startup yang memiliki valuasi di atas 10 miliar dolar AS, setara Rp140 triliun.

“Yang namanya decacorn unicorn itu bukan sesuatu yang kita cari sebagai tujuan utama. Tujuan utama Bukalapak terdekat adalah bagimana Bukalapak bisa terus berkembang dan bisa memajukan UKM di Indonesia,” ujar co-founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid, dalam perayaan ulang tahun kesembilan Bukalapak di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa Bukalapak fokus pada jumlah transaksi pelapak.

“Valuasi dan lain sebagainya itu its come as a result, yang kita fokuskan adalah result atau transaksi yang terjadi di Bukalapak itu sendiri,” kata Fajrin.

Menurut dia, valuasi juga dipengaruhi, salah satunya oleh kondisi ekonomi. “Jadi kita enggak mau bergantung terlalu banyak dengan kondisi eksternal,” ujar Fajrin.

Dalam kesempatan tersebut, founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky tidak mau berkomentar mengenai pendanaan, namun mengatakan belum memiliki rencana untuk mengakuisisi startup lain setidaknya untuk saat ini.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat ditemui dalam peluncuran data center kedua Alibaba Cloud, di Jakarta Rabu (9/1), mengatakan bahwa Indonesia tahun ini memiliki setidaknya satu decacorn.

“Tapi potensinya ada dua (decacorn). Mungkin satu ronde pendanaan lagi akan ada satu decacorn. Ibarat durian runtuh, akan ada satu unicorn lagi (di 2019) dan decacorn,” ujar Menkominfo Rudiantara.

Sayangnya, Rudiantara enggan menyebut startup yang berpotensi menjadi decacorn dan unicorn. Startup Unicorn merupakan startup yang memiliki valuasi di atas 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp14 triliun.

Sebagai informasi, saat ini Indonesia memiliki empat unicorn, yakni Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak. (ari)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DIGITAL

Google Gelontorkan Bangun Pusat dan Perkantoran di AS

Published

on

Google mengatakan mereka telah merekrut lebih dari 10.000 karyawan di AS dan telah melakukan investasi senilai 9 miliar dolar AS (sekitar Rp126,7 triliun) tahun lalu.

Zone.co.id, New York – Perusahaan yang menaungi Google, Alphabet Inc, Rabu (13/2/2019), mengatakan pihaknya akan menggelontorkan lebih dari 13 miliar dolar AS (sekiar Rp183 triliun) untuk pembangunan pusat data dan perkantoran di Amerika Serikat (AS) tahun ini.

“Investasi baru ini akan memberi kami kemampuan untuk merekrut pulun ribu karyawan, dan memungkinkan penciptaan lebih dari 10.000 lapangan kerja baru di sektor konstruksi di Nebraska Nevada, Ohio, Texas, Oklahoma, South Carolina, dan Virginia,” tulis CEO Google Sundar Pichai di laman blog yang dikutip Reuters.

Tulisan tersebut bisa dilihat di https://www.blog.google/inside-google/company-announcements/investing-13-billion-2019 post.

Dengan investasi baru tersebut Google kini akan memiliki fasilitas di 24 dari 50 negara bagian di AS, menurut kantor berita Reuters.

Google akan terus memperluas kehadirannya di Chicago dan Washington. Tenaga kerja perusahaan juga akan bertambah dua kali lipat di Virginia dan Georgia, tulisnya di blog itu.

Pihak Google mengatakan mereka telah merekrut lebih dari 10.000 karyawan di AS dan telah melakukan investasi senilai 9 miliar dolar AS (sekitar Rp126,7 triliun) tahun lalu.

Untuk kuartal keempat, Google telah melaporkan beban dan pengeluaran sebesar 31,07 miliar dolar AS (sekitar Rp437,5 triliun), naik 26 persen dari tahun sebelumnya.

Belanja modal juga naik 64 persen menjadi 7,08 miliar dolar AS (sekitar Rp99,7 triliun).

Tahun lalu, Reuters melaporkan bahwa Amazon.com menjajaki alternatif untuk memindahkan sebagian kantor pusatnya yang baru di New York, berjaga-jaga jika proses pembangunannya gagal akibat penentangan warga setempat.

Google juga mengalami hambatan dalam perluasan fasilitas mereka di San Jose dekat kantor pusatnya di Mountain View. Meskipun demikian, perusahaan itu tidak mendapatkan penentangan berarti dari warga setempat. (ant)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

DIGITAL

Pengguna Instagram Kehilangan Hingga Ribuan Pengikut dalam Semalam, Ini Alasannya

Published

on

Beberapa pengguna instagram kehilangan hingga ribuan pengikut dan tentu saja mereka tidak senang karena hal ini.

Zone.co.id, Jakarta – Pengguna Instagram di seluruh dunia menemukan kenyataan bahwa jumlah pengikut mereka berkurang drastis hanya dalam semalam pada Rabu (13/2/2019) pagi ini.

Seperti dilansir Mirror, beberapa pengguna bahkan kehilangan hingga ribuan pengikut dan tentu saja mereka tidak senang karena hal ini.

Sebagian mencurahkan isi hatinya melalui cuitan di Twitter, termasuk mempertanyakan apa yang sedang terjadi. “Saya baru saja kehilangan lebih dari 200 pengikut Instagram dan saya tidak begitu yakin mengapa. Saya sangat bingung dan kesal,” cuit pemilik akun @nekostrophic.

Yang lain menambahkan: “Adakah orang lain yang kehilangan pengikut di IG sekaligus? Saya kehilangan 32 ribu dalam hitungan detik … @instagram ada apa dengan itu ???,” cuit pemilik akun @theoneprinceton.

Di sisi lain, ternyata hal ini adalah bagian dari strategi Instagram untuk menghapus akun palsu dari platform, seperti yang pernah dikatakan pada November 2019.

Jika Instagram mengidentifikasi sebuah akun yang berpotensi palsu, maka mereka mengirim pesan dalam aplikasi yang meminta mereka untuk mengamankan akun mereka.

“Kami telah membangun alat untuk membantu mengidentifikasi akun yang menggunakan layanan ini dan menghapus aktivitas tidak otentik,” kata pihak Instagram melalui blog mereka.

Pihak Instagram menambahkan, “Sejak awal, kami telah mendeteksi dan menghapus akun palsu untuk melindungi komunitas kami. Pembaruan [ini] adalah langkah lain dalam menjaga Instagram menjadi komunitas yang hidup di mana orang dapat terhubung dengan orang-orang dan hal-hal yang mereka sukai”.

Seorang juru bicara Instagram kepada Mirror Online berkata, “Kami menyadari masalah yang menyebabkan perubahan dalam jumlah pengikut akun untuk beberapa orang saat ini. Kami sedang bekerja cepat untuk memperbaikinya”. (dam)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

DIGITAL

Peraturan Taksi Daring Berlaku Juni 2019

Published

on

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani.

Zone.co.id, Jakarta – Peraturan taksi daring, yaitu Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus mulai berlaku pada Juni 2019 atau enam bulan setelah peraturan tersebut terbit.

“Penerapan pada Bulan Juni, saat ini kita sedang sosialisasi, kemarin sudah di Solo,” kata Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani dalam konferensi pers di Kemenhub, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Dia mengatakan saat ini masih dilakukan pengawasan untuk tarif, di mana tarif batas, yakni Rp3.500 sampai Rp6.500 per kilometer.

“Melihat kondisi saat ini pastinya kita melakukan survei dengan pihak ketiga dan saat ini kita sedang sosialisasi, untuk tarif pengawasan bagaimana kalau ada yang melanggar,” katanya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menegaskan bahwa tidak ada lagi perubahan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus.

Dia mengatakan tidak tertutup kemungkinan adanya perubahan, namun tidak saat ini karena seluruhnya sudah disahkan dan jelang pemberlakuan.

“Mungkin beberapa tahun kemudian karena perkembangan politik, teknologi mungkin kita akan lakukan perubahan. Saya akan akomodir dan eksekusi dulu, baru dilaksanakan (perubahan) kemudian. Jadi, saat ini enggak ada perubahan lagi,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga akan melakukan sosialisasi di Medan, Balikpapan dan Semarang setelah di Surabaya.

Pemerintah, dalam hal ini, Kementerian Perhubungan resmi mengeluarkan PM 118/2018 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Sewa Khusus sebagai pengganti PM 108/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek pada 18 Desember 2018 setelah ditandatangani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

PM 118/2018 menjadi payung hukum keempat yang mengatur taksi daring setelah, tiga peraturan dimentahkan oleh Mahkamah Agung.

Terdapat perbedaan dalam PM 118 tahun 2018 dengan PM sebelumnya, yakni menghapus aturan mengenai kewajiban memasang stiker di kaca taksi daring, kewajiban uji KIR, kewajiban mempunyai tempat penyimpanan kendaraan dan aturan mengenai penyelenggara taksi online harus memiliki paling sedikit lima kendaraan. (jtr)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending