Connect with us

DIGITAL

Bukalapak Pentingkan Pelapak daripada Jadi Decacorn

Published

on

Co-founder dan President Bukalapak, Fajrin Rasyid.

Zone.co.id, Jakarta – Bukalapak memilih fokus dalam memberdayakan pelapak dari usaha kecil ketimbang menjadi decacorn atau startup yang memiliki valuasi di atas 10 miliar dolar AS, setara Rp140 triliun.

“Yang namanya decacorn unicorn itu bukan sesuatu yang kita cari sebagai tujuan utama. Tujuan utama Bukalapak terdekat adalah bagimana Bukalapak bisa terus berkembang dan bisa memajukan UKM di Indonesia,” ujar co-founder dan President Bukalapak Fajrin Rasyid, dalam perayaan ulang tahun kesembilan Bukalapak di Jakarta, Kamis (10/1/2019).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa Bukalapak fokus pada jumlah transaksi pelapak.

“Valuasi dan lain sebagainya itu its come as a result, yang kita fokuskan adalah result atau transaksi yang terjadi di Bukalapak itu sendiri,” kata Fajrin.

Menurut dia, valuasi juga dipengaruhi, salah satunya oleh kondisi ekonomi. “Jadi kita enggak mau bergantung terlalu banyak dengan kondisi eksternal,” ujar Fajrin.

Dalam kesempatan tersebut, founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky tidak mau berkomentar mengenai pendanaan, namun mengatakan belum memiliki rencana untuk mengakuisisi startup lain setidaknya untuk saat ini.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat ditemui dalam peluncuran data center kedua Alibaba Cloud, di Jakarta Rabu (9/1), mengatakan bahwa Indonesia tahun ini memiliki setidaknya satu decacorn.

“Tapi potensinya ada dua (decacorn). Mungkin satu ronde pendanaan lagi akan ada satu decacorn. Ibarat durian runtuh, akan ada satu unicorn lagi (di 2019) dan decacorn,” ujar Menkominfo Rudiantara.

Sayangnya, Rudiantara enggan menyebut startup yang berpotensi menjadi decacorn dan unicorn. Startup Unicorn merupakan startup yang memiliki valuasi di atas 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp14 triliun.

Sebagai informasi, saat ini Indonesia memiliki empat unicorn, yakni Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak. (ari)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DIGITAL

Pengguna Twitter Indonesia Tumbuh Pesat pada 2018

Published

on

Tahun 2018 merupakan tahun terbaik Twitter di Indonesia.

Zone.co.id, Jakarta – Twitter Indonesia mencatat pertumbuhan yang menggembirakan sepanjang 2018 lalu, dengan jumlah pengguna harian platform mikroblog tersebut naik di atas angka rata-rata global.

“Tahun 2018 merupakan tahun terbaik Twitter di Indonesia,” kata Country Industry Head Twitter Indonesia and Malaysia, Dwi Ardiansah, saat memberikan pemaparannya di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Menurut data internal Twitter pada kuartal pertama 2018, pengguna Twitter Indonesia tumbuh 11 persen, sementara angka global hanya 10 persen.

Pada kuartal kedua, pengguna Indonesia tumbuh 31 persen, sedangkan pertumbuhan global hanya 11 persen.

Kemudian pada kuartal ketiga, Twitter Indonesia mencatat pertumbuhan pengguna aktif harian sebanyak 33 persen, naik tajam dibandingkan dengan pertumbuhan global yang hanya 9 persen.

Puncaknya pada kuartal keempat 2018, rata-rata pertumbuhan pengguna Indonesia sebesar 41 persen, sedangkan pertumbuhan global tetap 9 persen.

Konten

Meski demikian, Twitter mendapatkan keluhan dari para pengguna bahwa platform tersebut kurang nyaman digunakan karena banyak perdebatan dan pembicaraan yang tidak relevan. Temuan tersebut, menurut Dwi, bukan hanya terjadi di Indonesia melainkan secara global.

Twitter pun berstrategi memprioritaskan kesehatan dalam platform mereka dengan menyajikan konten yang relevan dengan pengguna.

“Perhatian kami ke kualitas konten pada 2018. Kami bekerja sama dengan penerbit berita terpercaya dan memastikan mereka bisa mendistribusikan konten secara tepat ke pengguna,” kata Dwi.

Tidak hanya memperbaiki kualitas konten, Twitter juga berusaha menjangkau pengguna di luar kota-kota besar dengan menghadirkan aplikasi ringan Twitter Lite, yang ditujukan untuk para pengguna ponsel kelas menengah ke bawah dan koneksi Internet yang lambat.

“Kami fokus ke produk,” kata Dwi menambahkan.

Twitter juga mencatat pertumbuhan konsumsi video di Indonesia mencapai lebih dari 150 persen. (nat)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

DIGITAL

Deretan Rumor Samsung Galaxy Note 10

Published

on

Note 10 diperkirakan akan mengadopsi tren ponsel kelas menengah-atas yang menempatkan area pembaca sidik jari di sisi belakang ponsel.

Zone.co.id, Jakarta – Produsen ponsel pintar Samsung mendapatkan perhatian secara global terkait produk penerus Galaxy Note 9 setelah peluncuran lini produk andalan seperti Galaxy S10.

Sejumlah analis global memperkirakan, Samsung Galaxy Note 10, sebagai penerus Note 9, akan hadir pada 2019 menyusul berbagai rumor tentang gawai itu dalam sejumlah laman situs teknologi dunia.

Layar Note 10 berukuran 6,66 inci

Seperti dilansir CNET, seri ponsel pintar Note biasanya punya layar yang lebih lebar untuk mengakomodasi stylus S Pen. Produk baru itu juga diperkirakan akan berlayar yang lebih lebar, yakni 6,66 inci. Sebagai perbandingan, Note 9 memiliki layar 6,4 inci.

Meskipun punya layar yang lebih besar dibanding Note 9, Galaxy Note 10 diperkirakan masih akan tetap mempertahankan bezel yang tipis sebagaimana ponsel-ponsel lain Samsung. Pembuat ponsel juga semakin cerdik menempatkan kamera depan agar layar perangkat semakin lebar tanpa memperluas ukuran tubuh ponsel.

Dua macam Note 10

Galaxy S10 punya tiga varian, yakni S10 Plus, S10E, dan S10 5G. Jadi, kebiasaan itu tidak akan mengejutkan konsumen manakala Samsung memutuskan untuk membuat lebih dari satu model Note 10.

Berdasarkan rumor dari ETNews, dua varian Note 10 adalah ukuran 6,28 inci dan ukuran 6,75 inci. Spekulasi lain produk baru itu adalah jenis dukungan jaringan yaitu LTE dan 5G. Jika kedua kemungkinan itu dikombinasikan, Note 10 akan hadir dalam empat varian.

Tidak ada satu tombol pun di Note 10

Note 10 diperkirakan akan mengadopsi tren ponsel kelas menengah-atas yang menempatkan area pembaca sidik jari di sisi belakang ponsel.

Dilansir ETNews yang mengutip “sumber industri”, Note 10 mungkin menggunakan teknologi Force Touch yang dikembangkan NDT.

Sebagai pengganti tombol, sisi pinggir ponsel dapat mengenali tekanan yang berbeda-beda tergantung dari seberapa kuat tekanan tangan. Pengenalan tekanan itu memungkinkan pengguna menyalakan telepon atau mengatur tingkat suara pada permukaan ponsel yang rata.

ETNews juga memprediksi Samsung akan menerapkan desain tanpa tombol pada model lain Galaxy kelas menengah.

S Pen dirumorkan punya kamera tersendiri

Samsung juga diperkirakan akan menyematkan fitur lain pada stylus S Pen generasi terbaru menyusul fitur memencet tombol kamera pada S Pen Galaxy Note 9.

Samsung telah mengajukan paten ke Badan Paten dan Merek AS untuk “perangkat pulpen elektrik” yang “dipasang pada perangkat elektronik, seperti ponsel”. Pulpen itu akan punya kamera dengan “fungsi pembesar optik”.

Note 10 akan punya empat kamera belakang

Sebagaimana Galaxy S10 varian 5G, Galaxy Note 10 berpeluang punya empat kamera, seperti disebut oleh laman blog teknologi Sam Mobile. (nan)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

DIGITAL

Zuckerberg Disebut Sebar Data Pengguna Facebook

Published

on

Mark Elliot Zuckerberg, adalah seorang pemrogram komputer dan pengusaha Internet.

Zone.co.id, Jakarta – CEO Facebook Mark Zuckerberg dikabarkan membagi-bagikan akses data sensitif pengguna Facebook kepada teman-temannya para pengembang aplikasi, demikian laporan dokumen yang bocor ke sejumlah media.

NBC News, Computer Weeklu, dan koran Jerman Suddeutsche Zeitung mendapatkan sekitar 4.000 halaman berisi pembagian data tersebut.

Mengutip laman NBC News, data yang mereka dapatkan merupakan data 2011-2015 berupa surat elektronik (email), presentasi, percakapan website, dan notulensi rapat tentang bagaimana Zuckerberg beserta tim manajemen Facebook menggunakan data tersebut dengan mitra mereka.

Zuckerberg, seperti diberitakan laman The Economic Times, menggunakan data tersebut sebagai “hadiah” untuk mitra perusahaan dan pengembang yang memiliki hubungan baik dengan pejabat Facebook atau membelanjakan sejumlah uang untuk iklan di platform tersebut.

Mitra perusahaan itu juga diberi insentif untuk membagikan data mereka dengan Facebook. Sedangkan perusahaan lain yang tidak tergolong dalam kelompok mitra itu, tidak memiliki akses.

Menurut laporan ke media, pembagian data pengguna itu membantu Facebook berada di posisi tertinggi dalam industri media sosial periode 2011-2015.

Facebook, kepada NBC News, menyatakan dokumen tersebut asli. Tapi, konteks tujuan pembagian data tidak seperti yang diberitakan.

“Kumpulan dokumen tersebut, dengan maksud tertentu, hanya memuat satu sisi cerita dan menghilangkan konteks yang penting,” kata Wakil Direktur dan Wakil Penasihat Umum di Facebook, Paul Grewal.

Facebook, menurut Grewal, mengalami perubahan pada 2014-2015 agar pengguna tidak bisa membagikan informasi tentang teman mereka ke pengembang.

“Faktanya jelas: kami tidak pernah menjual data orang-orang,” katanya. (nat)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending