Connect with us

ACEH

Bupati Aceh Barat Ajak Masyarakat Teladani Teuku Umar

Published

on

Bupati Aceh Barat, H Ramli MS.

Zone.co.id, Meulaboh – Bupati Aceh Barat H Ramli MS mengajak masyarakat meneladani sosok pahlawan nasional Teuku Umar, sebagai inspirator dalam mengisi pembangunan regional dan nasional.

“Jiwa dan raga rela beliau korbankan berjuang, mengusir penjajah Belanda dari Aceh saat itu, sehingga kita dapat merasakan hasil perjuangannya,” katanya usai menjadi inspektur upacara di lokasi makam Teuku Umar, Desa Meugoe Rayek, Kecamatan Panton Reu, Senin (11/2/2019).

Pada peringatan syahid Teuku Umar ke-120 itu dilaksanakan upacara yang dihadiri Danrem 012/ Teuku Umar Kolonel Inf Aswardi, Dandim 0105/ Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto, pejabat Polri di Aceh Barat, Forkompimda, SKPD, tokoh agama dan masyarakat.

Bupati menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah memberikan penghargaan pahlawan nasional kepada Teuku Umar pada 1973, pemberian gelar kehormatan itu menjadi satu kebanggaan besar bagi masyarakat Aceh.

“Atas nama rakyat Aceh, saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah mengangkat Teuku Umar pahlawan nasional. Harapan ke depan pihak kementerian terkait berkunjung melihat bagaimana kondisi makam Teuku Umar tersebut,” ujarnya.

Teuku Umar, adalah pahlawan nasional asal Aceh yang mengusir penjajah Belanda dengan taktik perangnya berpura-pura menyerah dan bersekutu.

Suami Cut Nyak Dhien itu, meninggal setelah ditembak oleh tentara Belanda pada 11 Februari 1899 di Suak Ujong Kalak, Meulaboh.

Dia juga menyampaikan, segera mengutus perwakilan untuk ke Negara Belanda, menelusuri dan mencari duplikat foto dan lukisan yang sebagian besar tersimpan di Tropenmuseum, Amsterdam, Belanda.

Bupati setelah penempatan karangan bunga dan siram air di kubur Teuku Umar, juga melakukan penyerahan hadiah dan tropi kepada pemenang lomba napak tilas yang ikut berpartisipasi sejak Sabtu (10/1) malam sampai hari puncak kegiatan. (war)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ACEH

Polresta Banda Aceh Gagalkan Pengiriman 72 Kg Ganja

Published

on

72 kilogram (kg) ganja dari jasa pengiriman Kantor Pos dan JNE tujuan Jakarta.

Zone.co.id, Banda Aceh – Polisi Resor Kota (Polresta) Banda Aceh berhasil menggagal pengiriman 72 kilogram (kg) ganja dari jasa pengiriman Kantor Pos dan JNE tujuan Jakarta.

“Ganja itu ditemukan oleh petugas di dua jasa pengiriman, pertama 5 Januari di JNE sebanyak 22 kg dan kedua 20 Januari di Kantor Pos sebanyak 50 kg,” kata Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto di Banda Aceh, Kamis (7/2/2019).

Kapolresta menjelaskan, paket barang haram tersebut hendak dikirim oleh dua warga Aceh ke luar provinsi yakni, Jakarta.

“Barang bukti bersama dua tersangka sudah diamankan di Mapolresta,” ujar Trisno.

Menurut dia, hasil pemeriksaan awal terhadap dua tersangka, mereka mengaku sudah dua kali melakukan pengiriman ganja ke luar Provinsi Aceh.

“Kami akan terus melakukan penyelidikan dan akan menindak tegas sindikat narkoba di Bumi Aceh,” tegas Kapolresta Banda Aceh.

Demi menyelamatkan generasi bangsa dari pengaruh narkoba, Trisno pun berkomitmen memberantas peredaran barang haram itu hingga ke akarnya.

“Kita harus menyelamatkan generasi bangsa dari narkoba dan menindak tegas sindikatnya,” tambahnya. (irm)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

ACEH

Sandiaga Uno, Aceh akan Jadi Salah Satu Pusat Industri Halal Dunia

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat menghadiri Muzaqarah Ulama Ponpes Paya Pasi di Kompleks Dayah Bustanul Huda, Desa Alue Cek Doi, Kec. Julok, Kab. Aceh Timur, Minggu (3/2/2019).

Zone.co.id, Lhokseumawe — Sandiaga Salahuddin Uno gemes, Indonesia masih berada di posisi 10 sebagai pemain Industri halal. Padahal bangsa ini adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

“Berdasarkan Global Islamic Economic Indicator Indonesia masih berada di posisi nomor 10 terkait industri halal.

Peringkat ini harus kita perbaiki. Negeri ini punya potensi untuk menjadi pusat Industri Halal dunia, dan itu bisa dimulai salah satunya dari Aceh,” ucap Sandi saat menghadiri Muzaqarah Ulama Ponpes Paya Pasi di Kompleks Dayah Bustanul Huda, Desa Alue Cek Doi, Kec. Julok, Kab. Aceh Timur, Minggu (3/2/2019).

Industri halal bisa menggerakkan ekonomi rakyat dengan melibatkan pengusaha kecil dan menengah. Pemain nomor satu industri halal adalah Malaysia. Usai menghadiri acara yang dihadiri para ulama besar Aceh ini, Sandi mengaku akan menggenjot industri halal ini jika diberikan amanat dan terpliih melayani masyarakat Indonesia.

Sandi yang didamping Ketua Umum Partai Aceh Muzakir Manaf atau yang biasa dipanggil Mualem, mengaku akan bekerjasama dengan para investor dalam bentuk Public Private Partnership untuk membangkitkan industri halal di aceh ini.

“Aceh punya potensi untuk mengembangkan industri halal. Budaya dan masyarakatnya sudah siap begitu juga dengan perangkat peraturannya. In Shaa Allah, mulai dari aceh, Industri halal di Indonesia bakal maju,” tutupnya. (dam)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

ACEH

Sabang Siapkan Lahan untuk Bangun Bandara Internasional

Published

on

Wali Kota Sabang, Nazaruddin.

Zone.co.id, Sabang – Pemerintah Kota Sabang, Aceh telah menyiapkan lahan seluas 40 hektare untuk pembangunan Bandara Internasional di Sabang, Provinsi Aceh.

“Untuk pembangunan Bandara Internasional itu butuh lahan antara 3.000-3.500 meter dan Pemko Sabang telah menyiapkan lahan seluar 40 hektare di tiga lokasi, yakni Ujong Seuke (Anoi Itam), Bango (Keuneukai) dan Beurawang,” kata Wali Kota Sabang, Nazaruddin di Sabang, Selasa (22/1/2019).

Ia mengaku para pihak terkait telah melakukan survei ke lokasi rencana pembangunan Bandara Internasional pada Senin (21/1/2019) di Ujong Seuke, Gampong (desa) Anoi Itam, Sukajaya, Sabang.

“Hasil survei tersebut nantinya akan diserahkan ke Kementerian terkait dan di Ujong Seuke (Anoi Itam, Sabang) sangat cocok dibangun Bandara Internasional,” ujar mantan Wakil Walikota Sabang periode 2012-2017 itu.

Pemerintah Kota Sabang juga telah mengusulkan tiga lokasi rencana pembangunan Bandara Internasional tersebut ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia.

“Kami berharap pemerintah pusat dapat membangun Bandara Internasional di Sabang untuk mendukung pengembangnan industri pariwisata pulau terluar paling barat Indonesia,” harap Wali Kota Sabang.

Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebelumnya menyatakan, Kota Sabang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan sudah seharusnya daerah tersebut memiliki badara baru guna meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun internasional.

“Pemerintah Provinsi Aceh, Kota Sabang dan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) harus memikirkan adanya sebuah Bandara yang dapat didarati banyak maskapai,” kata Asisten Deputi Pengembangan Regional I Kemenpar, Lokot Ahmad Enda di Banda Aceh.

Pulau Weh atau Sabang katanya, telah memiliki Bandara Maimun Saleh, namun perlu ada pembangunan Bandara baru yang akan dikelola oleh Kementerian atau Angkasa Pura.

“Kehadiran Bandara baru di Sabang akan memberikan peluang besar bagi daerah tersebut untuk disinggahi sejumlah maskapai yang akan membawa para pelancong mancanegara langsung ke Sabang,” kata dia.

Dalam desain strategi dan rencana aksi (DSRA) pengembangan destinasi pariwisata halal 2018-2019, Kota Sabang, Provinsi Aceh termasuk dalam destinasi pariwisata berbasis alam di antaranya, Tugu Pulau Weh, Tugu kilometer Nol Indonesia, Pantai Iboh dan Pantai Sumur Tiga. (man)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending