Connect with us

INTERNASIONAL

Pasukan Keamanan Sudan Gunakan Gas Air Mata Bubarkan Demonstran Perempuan

Published

on

Pasukan keamanan Sudan pada Minggu (10/2/2019) menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerumunan ratusan orang yang melakukan aksi protes terhadap penahanan kaum perempuan.

Zone.co.id, Khartoum – Pasukan keamanan Sudan pada Minggu (10/2/2019) menggunakan gas air mata untuk membubarkan kerumunan ratusan orang yang melakukan aksi protes terhadap penahanan kaum perempuan pada aksi sebelumnya, menurut keterangan saksi.

Para demonstran, kebanyakan perempuan muda, meneriakkan: “Hidup perjuangan perempuan Sudan” dan “Mundur, itu saja”, salah satu slogan utama yang menyerukan agar Presiden Omar al-Bashir mundur. Slogan tersebut terus diteriakan selama aksi protes yang melanda Sudan sejak 19 Desember.

Pasukan keamanan yang berjaga di lokasi, di Omdurman, kota terbesar Sudan yang berada di seberang ibu Kota Khartoum dan Sungai Nil, terlihat menahan perempuan muda dan membawanya ke dalam truk yang berjumlah sedikitnya empat kendaraan, demikian Reuters melaporkan.

Para demonstran mencoba berjalan menuju penjara besar khusus wanita sebelum pasukan keamanan bergerak.

Aksi protes yang menjalar ke seluruh Sudan dipicu kondisi ekonomi yang kian memburuk dan memasuki periode kerusuhan yang terus berkelanjutan sejak Omar berkuasa tiga dekade lalu.

Omar dan sejumlah pejabat senior mengadopsi bahasa yang lebih halus tentang demontrasi, termasuk janji untuk membebaskan demonstran yang ditahan, namun pasukan keamanan terus membubarkan aksi unjuk rasa dan menangkap sejumlah orang.

Di lingkungan Was Nubawi di Omdurman pada Minggu, para demonstran memblokade jalan, membakar pohon-pohon dan melemparkan batu sebelum pasukan keamanan menembakkan gas air mata untuk membubarkan mereka.

Saksi mengatakan puluhan dokter juga melakukan aksi protes di dalam rumah sakit milik pemerintah di El-Obeid, ibu kota negara bagian Kordofan Utara, sekitar 360 kilometer barat daya Khartoum, meminta Presiden Omar untuk mundur dari jabatannya. (ant)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

INTERNASIONAL

Belasan Ribu Warga China Dilarang Menyetir Seumur Hidup

Published

on

Pemerintah China telah mengeluarkan nomor kendaraan bermotor baru sebanyak 22,85 juta dan surat izin mengemudi sebesar 22,55 juta.

Zone.co.id, Beijing – Sebanyak 17.264 warga China dilarang mengemudikan mobil seumur hidup sejak 2018, demikian diungkapkan Kementerian Keamanan Publik (MPS) setempat.

Data MPS yang dipantau dari sejumlah saluran media resmi, Senin (12/2/2019), menyebutkan bahwa dari jumlah tersebut, sebanyak 5.149 orang dikenai larangan karena kedapatan mengemudikan kendaraan roda empat dalam kondisi mabuk hingga menyebabkan kecelakaan serius dan mereka menghadapi tuntutan tindak kejahatan.

Sisanya, sebanyak 12.115 orang, dicabut lisensi mengemudinya karena terlibat kasus tabrak lari.

Meskipun demikian, menurut MPS jumlah kecelakaan lalu lintas pada 2018 menurun 0,9 persen dibandingkan pada 2017.

Jumlah korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas juga menurun sekitar 44,4 persen, demikian data MPS.

Sepanjang 2018, pemerintah China telah mengeluarkan nomor kendaraan bermotor baru sebanyak 22,85 juta dan surat izin mengemudi sebesar 22,55 juta.

Selama tahun lalu pula, sepanjang 85.000 kilometer jalan raya mulai dibuka untuk masyarakat umum.

MPS memprediksi sekitar 2,46 miliar trip akan menggunakan jalan raya sepanjang tahun ini seiring dengan makin banyaknya jalan-jalan baru.

Terkait dengan sanksi keras bagi pengemudi yang mengoperasikan kendaraan dalam keadaan mabuk, terdapat sekelompok masyarakat yang menjual jasa pengantaran yang menyasar konsumen bermobil pribadi.

Berdasarkan pengamatan Antara di beberapa lokasi strategis, di Beijing, mereka biasanya mangkal pada malam hari.

Untuk mengenali para “sopir bayaran” tersebut sangatlah mudah karena mereka menggunakan sepeda listrik kecil yang bisa dilipat, mengenakan helm separuh kepala, dan rompi berstiker menyala.

Mereka berkumpul secara berkelompok di depan restoran, hotel, karaoke, dan tempat hiburan lainnya mulai pukul 20.00 waktu setempat hingga subuh. (mil)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

INTERNASIONAL

Putra Mahkota Saudi Bahas Yaman dengan Sekjen PBB

Published

on

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Zone.co.id, Kairo – Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada Selasa (29/1/2019) menerima panggilan telepon dari Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk membahas kemajuan dalam menyelesaikan perang di Yaman.

Keduanya juga membicarakan sejumlah isu lain di kawasan, demikian dilaporkan Kantor Berita Saudi Press.

Perang selama empat tahun di Yaman mengadu gerakan al-Houthi, yang bersekutu dengan Iran, dengan gerakan Abd-Rabbu Mansour Hadi dukungan Arab Saudi. Perang itu telah menjadi konflik yang merenggut puluhan ribu nyawa melalui tindakan militer dan sebab lainnya.

PBB ingin menyelamatkan kesepakatan yang dicapai antara kedua belah pihak pada Desember untuk melaksanakan penarikan pasukan dari kota pelabuhan Hudaidah, gerbang utama bagi pasokan bantuan dan barang komersil Yaman.

Kelompok al-Houthi memegang kendali atas kota pelabuhan Hudaidah sementara pasukan koalisi dukungan Arab Saudi berkumpul di pinggirannya. Pihak-pihak yang bertikai tidak setujui terkait siapa yang akan mengendalikan kota dan pelabuhan pascapenarikan pasukan.

Utusan PBB Martin Griffiths, Senin, mengaku bahwa batas waktu yang diusulkan untuk penarikan pasukan dari pelabuhan sudah lewat. Ia mendesak para pihak yang bertikai untuk mundur.

Menurut laporan SPA, Sekretaris Jenderal PBB mengucapkan terima kasih kepada Kerajaan Saudi atas dukungannya dalam mendorong hasil yang positif dalam dialog antar pihak di Yaman.

Tidak diketahui apakah percakapan tersebut membahas penyelidikan internasional yang dipimpin penyidik PBB, Agnes Callamard.

Callamard telah memulai penyelidikan selama sepekan di Turki dalam kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Callamard pada Selasa mengatakan Arab Saudi belum memberikan lampu hijau kepadanya untuk memasuki konsulat Kerajaan di Istanbul ataupun bertemu dengan pihak berwenang Saudi. (ant)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

INTERNASIONAL

Penumpang Qantas Minta Sepeda Olahraga untuk Penerbangan Sydney-London

Published

on

Para penumpang juga menyarankan ruang untuk berolahraga ringan, pemasangan pelantang telinga (headset) nirkabel antibising serta kafetaria.

Zone.co.id, Singapura – Perusahaan penerbangan Australia Qantas Airways LLtd pada Senin (28/1/2019) mengatakan bahwa para pelanggannya menyarankan agar di dalam penerbangan disediakan sepeda olahraga dan sejumlah program relaksasi virtual untuk mengisi waktu dalam penerbangan langsung Sydney-London selama 20 jam.

Maskapai tersebut akan memesan pesawat jet Airbus SE A350 atau Boeing 777X , yang mampu menjelajah dalam penerbangan terlama di dunia pada tahun ini, dengan rencana penerbangan perdana pada 2022.

Hasil penelitian dan survei terhadap para pelanggan, yang sudah pernah terbang terus menerus selama 17 jam pada rute Perth-London, memperlihatkan bahwa urusan kesehatan dan kebugaran menjadi perhatian utama, demikian dinyatakan Qantas.

Para penumpang juga menyarankan ruang untuk berolahraga ringan, pemasangan pelantang telinga (headset) nirkabel antibising serta kafetaria yang menyediakan cemilan dan minuman, kata perusahaan penerbangan itu.

“Para pelanggan membagikan gagasan-gagasan yang luar biasa dan penuh daya khayal, yang menjadi tantangan bagus dan membantu kami berpikir di luar kebiasaan serta mendefinisi ulang tentang pegalaman perjalanan jarak jauh,” kata Perancang Industri QantasPer David Caon.

Untuk penerbangan Perth-London yang dimulai tahun lalu, Qantas menawarkan kelas pelemasan otot selama 15 menit di ruang singgah Perth, dengan rata-rata 80 persen kepesertaan.

Menu makan dan penerangan di dalam ruang pesawat juga dirancang mengikuti waktu-tubuh.

Perusahaan penerbangan pesaingnya, Singapore Airlines Ltd , mempekerjakan perusahaan kesehatan Canyon Brand untuk mengatur menu makanan. Singapore Airlines juga memandu latihan pelemasan otot melalui sistem hiburan penerbangan selama 19 jam dari Singapura ke New York, yang dibuka kembali setelah lima tahun dihentikan.

Namun, kedua penerbangan tersebut tidak menyediakan memberi ruang untuk berolahraga di dalam pesawat dalam pelayanan penerbangan jarak jauh yang saat ini sudah ada.

Direktur Eksekutif Internasional Qantas Alison Webster mengatakan pihak maskapainya sedang mengkaji keinginan penumpang untuk penerbangan Sydney-London serta merancang ruang penumpang dengan cara yang bisa “memenuhi keinginan penumpang dan sekaligus sesuai dengan kepentingan usaha perusahaan penerbangan. (ant)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending