Connect with us

BALI

Polda Tangkap Mantan Wagub Bali I Ketut Sudikerta

Published

on

Mantan Wagub Bali, I Ketut Sudikerta.

Zone.co.id, Denpasar – Anggota Unit Cyber Ditreskrimsus Polda Bali, menangkap mantan Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan yang dilaporkan Alim Markus selaku bos PT Maspion Group Surabaya, karena mencoba melarikan diri ke Singapura.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Hengky Widjaja saat dikonfirmasi di Denpasar, Kamis (4/4/2019), mengaku tersangka sudah ditangkap pukul 14.19 Wita di Gate 3 Bandara Ngurah Rai Bali.

“Saat ini yang bersangkutan sedang menjalani pemeriksaan di ruang penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Bali,” katanya.

Setelah ditangkap Pukul 14.19 WITA, di Bandara Internasional Ngurah Rai, saat hendak kabur ke Singapura, tersangka Sudikerta yang mengenakan baju kaus putih dan celana jeans hitam itu digiring ke Polda Bali dari Bandara.

Pukul 15.15 WITA, Sudikerta tiba di Ditreskrimsus Polda Bali dan dibawa ke lantai tiga kantor setempat. “Hingga saat ini masih dalam pemeriksaan,” katanya.

Terhadap tersangka Sudikerta yang diduga melakukan tindak pidana penipuan atau penggelapan dan atau menggunakan surat atau dokumen yang diduga palsu seolah-olah asli dan atau pencucian uang.

Tersangka juga dikenakan pasal 378 KUHP atau Pasal 372 KUHP dan/atau pasal 263 Ayat 2 KUHP dan/atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana pencucian uang dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara denda paling banyak Rp10 miliar.

Sebelumnya (3/12/2018), Polda Bali telah mencekal mantan Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, ke luar negeri, karena dia telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang Rp150 miliar yang dilaporkan korban dari PT Maspion Grup.

“Sudah pasti tersangka ya tidak boleh keluar negeri, meskipun tersangka belum dilakukan penangkapan dan penahanan oleh kepolisian,” kata Direktur Reskrimsus Polda Bali, Komisaris Besar Polisi Yuliar Kus Nugroho.

Mereka menegaskan, penetapan cegah-tangkal terhadap Sudikerta dikeluarkan Polda Bali berdasarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) yang dikeluarkan Subdit II Ditrekrimsus tertanggal 30 November 2019.

Alat bukti yang kuat menetapkan tersangka Sudikerta sebagai tersangka yakni 26 dokumen hasil penyidikan di laboratorium forensik, di antaranya surat SHM palsu dan sertifikat tanah palsu yang dijual tersangka kepada pihak Maspion, bilyet giro, cek, enam lembar rekening koran BCA, empat lembar slip penarikan, telepon genggam, dan 24 saksi.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Sudikerta sudah dua kali diperiksa di Polda Bali terkait laporan LP/99/III/Ren 4.2/2018 SPKT Polda Bali tertanggal 15 Maret 2018 dan LP/367/Ren 4.2/2018/Bali/SPKT tertanggal 4 Oktober 2018.

Dalam laporan itu, Sudikerta dilaporkan menipu, menggelapkan, dan mencuci uang atas sebidang tanah kepada PT Maspion pada 2013 dengan SHM Nomor 5048/Jimbaran seluas 38.000 meter persegi dan tanah lain di dekat Pantai Balangan dengan SHM Nomor 16249 seluas 3.300 meter persegi.

“Untuk SHM Nomor 5048/Jimbaran seluas 38.000 meter persegi merupakan tanah laba pura dan SHM Nomor 1649 seluas 3.300 meter persegi sudah dijual ke PT Dua Kelinci, sehingga disinilah diketahui surat tanah palsunya dan alat gerak yang digunakan tersangka Sudikerta untuk menipu Maspion,” katanya.

Negosiasi jual-beli tanah itu berada di bawah perusahaan PT Pecatu Bangun Gemilang, yang komisaris utamanya adalah istri Sudikerta bernama Ida Ayu Ketut Sri Sumiantini, yang kemudian dibuatkan rekening untuk bertransaksi. (nfy)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BALI

Timezone Play ‘N’ Learn Hadir dengan Konsep yang Belum Pernah ada di Bali agar Anak Lebih Aktif dan Sehat!

Published

on

Timezone Play ‘N’ Learn secara resmi dibuka pada Jumat, 12 April 2019, di Mall Galeria Bali, Jl. By Pass Ngurah Rai, Kuta.

Zone.co.id, Bali – Orang tua di Bali patut berbahagia karena Timezone Play ‘N’ Learn dengan konsep baru telah hadir di Pulau Dewata sebagai arena bermain dalam ruangan untuk si buah hati kesayangan mereka yang akan membuat anak lebih aktif dan sehat yang belum pernah ada di Bali. Melalui sebuah acara yang penuh kegembiraan dan kemeriahan, Timezone Play ‘N’ Learn secara resmi dibuka pada Jumat, 12 April 2019, di Mall Galeria Bali, Jl. By Pass Ngurah Rai, Kuta.

“Kami sangat bersemangat untuk membawa konsep baru tempat bermain anak aktif ini ke pasar Indonesia,” kata Naveen H., CEO dan Presiden DIrektur Timezone Indonesia. “Saya tahu banyak orang tua yang berusaha keras untuk membuat anak-anak mereka melakukan lebih banyak kegiatan dan menjadi lebih aktif. Di Timezone Play ‘N’ Learn, anak-anak akan mendapatkan kegiatan yang mereka butuhkan, dan melakukannya dengan senang!”

Timezone Play ‘N’ Learn adalah sebuah konsep serta brand baru dari The Entertainment and Education Group (TEEG), penyedia Tempat Hiburan Keluarga terkemuka yang berasal dari Australia dengan lebih dari 280 gerai di seluruh Asia Pasifik.

Timezone Play ‘N’ Learn di Mall Bali Galeria mencakup lebih dari 450 meter persegi area bermain yang menarik. Di tempat ini anak-anak dapat menjelajahi sebuah labirin dua tingkat (two-level maze), melompat di trampolin yang berkualitas, meluncur di papan seluncur yang panjang, panjat dinding, melintasi jaring pelangi yang unik, serta bermain sepuasnya di kolam bola yang sangat luas. Untuk anak balita, juga tersedia Toddler Zone sehingga mereka dapat bebas berjalan atau merangkak dan mencari teman baru. Selain itu, di Timezone Play ‘N’ Learn ini juga terdapat area yang dapat digunakan untuk pesta dan acara.

Bagaimana faktor keselamatan dan keamanan Timezone Play ‘N’ Learn ini? “Kami memandang keselamatan dan keamanan adalah hal yang utama dan sangat penting. Semua fasilitas yang tersedia di Timezone Play ‘N’ Learn sudah dilengkapi dengan sertifikat keselamatan Internasional serta diawasi dalam proses pemeliharaan yang ketat,” ujar Naveen. Di lokasi arena bermain Timezone Play ‘N’ Learn, semua anak-anak, orang tua atau pengasuh akan tercatat melalui teknologi gelang check-in dan tidak ada anak-anak yang diperbolehkan meninggalkan area bermain tanpa didampingi orang dewasa. Lebih jauh lagi, di semua area juga dilengkapi oleh CCTV atau kamera keamanan.

Prosesi pembukaan Timezone Play ‘N’ Learn ini meriah dan penuh kegembiraan dengan penampilan dan pertunjukkan sulap, kompetisi menari anak-anak dan free goodie bags untuk pengunjung. (tim)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BALI

KPU Badung Rakit Kotak Suara Pengganti

Published

on

Untuk mengantisipasi kejadian kotak suara yang rusak, KPU Badung akan membungkus kotak suara yang telah selesai dirakit dengan plastik pembungkus.

Zone.co.id, Badung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung, Bali, melakukan perakitan sebanyak 2.065 unit kotak suara Pemilihan Umum 2019 yang merupakan pengganti kotak suara yang rusak terendam banjir.

“Kotak suara pengganti ini sudah kami terima pada hari Jumat lalu dan mulai kami lakukan perakitan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Badung I Wayan Semara Cipta, di Mangupura, Senin (25/3/2019).

Ia mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak empat orang pekerja untuk melakukan proses perakitan kotak suara.

“Dengan empat orang pekerja itu, kami targetkan paling lama proses perakitan 2.065 kotak suara ini dapat selesai dalam waktu satu minggu,” kata Wayan Semara Cipta.

Ia mengatakan, selain kotak suara yang rusak akibat banjir. Saat melakukan proses perakitan kotak suara sebelumnya, pihaknya menemukan sekitar 30 unit kotak suara lain yang mengalami kerusakan yaitu, terkelupas pada bagian sisi kardus sehingga membuat serat kotak sedikit terbuka.

“Namun kotak suara tersebut masih sangat layak pakai. Dan nantinya itu akan kami gunakan sebagai kotak suara rekapan di tingkat PPK di kantor kecamatan bukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ujarnya.

Untuk mengantisipasi kejadian kotak suara yang rusak, KPU Badung akan membungkus kotak suara yang telah selesai dirakit dengan plastik pembungkus.

“Proses distribusi logistik Pemilu 2019 nanti juga akan menggunakan truk boks tertutup agar kotak suara tidak terkena air apabila terjadi hujan,” katanya.

Konser Musik “Pemilih Berdaulat Negara Kuat”

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung juga telah menyelenggarakan sosialisasi Pemilu 2019 melalui konser musik bertajuk “Pemilih Berdaulat Negara Kuat” yang dirangkai dengan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Tahun 2019 di Lapangan Umum Mengwi.

Konser tersebut menampilkan kelompok “Marching Band” SMA Negeri 1 Mengwi, serta penampilan dari sejumlah musisi seperti Widi Widiana, Nanoe Biru kelompok musik Antrabez, yang personelnya merupakan warga binaan Lapas Kerobokan.

Dalam kesempatan itu, KPU Badung mensosialisasikan kepada masyarakat yang tentang tata cara pencoblosan surat suara serta pentingnya menggunakan Hak Pilih pada 17 April 2019 mendatang.

“Ada beberapa poin yang ingin kami sampaikan seperti imbauan kepada masyarakat untuk datang ke TPS,” ujar Wayan Semara Cipta.

Ia berharap, dengan gencarnya sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Badung, dapat meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Semoga proses Pemilu di Kabupaten Badung juga dapat berjalan dengan aman, lancar dan tanpa gugatan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, yang hadir dalam konser tersebut mengatakan, konser itu merupakan momentum untuk mensosialisasikan dan menyebarluaskan informasi-informasi tentang penyelenggaraan Pemilu 2019 kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga tingkat partisipasi masyarakat meningkat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Melalui pola sosialisasi yang dikemas dengan seni, ini merupakan pola yang sangat efektif, selain mendapat hiburan masyarakat juga memperoleh pesan-pesan formal dan teknis dalam hal pelaksanaan Pemilu,” katanya.

Ia menjelaskan, Pemilu merupakan wujud nyata dalam pelaksanaan prinsip demokrasi yang merupakan pilar dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dalam pelaksanaannya, pilar-pilar inti ini harus bersinergi, sebagai “stakeholder” mulai dari pemerintah , penyelengara dan pengawas pemilu, partai politik, calon dari patai politik maupun perseorangan dan masyarakat yang merupakan “stakeholder” dari demokrasi itu sendiri,” ujarnya.

Dengan demikian semua pihak sebagai unsur dan pilar inti pemangku kepentingan dalam pelaksanaan demokrasi ini harus saling bergandengan tangan dan saling menguatkan.

“Kami Pemkab Badung akan berupaya maksimal dan sepenuh hati untuk memberikan andil dan tanggung jawab dalam mensukseskan Pemilu 17 April mendatang,” ujar Ketut Suiasa. (nfy)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BALI

Pembangunan 2.000 Rumah Sehat di Badung-Bali Mulai Direalisasikan

Published

on

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta.

Zone.co.id, Buleleng – Pemerintah Kabupaten Badung, mulai merealisasikan pembangunan sebanyak 2.000 rumah sehat dan layak huni atau program bedah rumah untuk enam kabupaten di Provinsi Bali.

“Kami memiliki progam ‘Badung Angelus Buana’ yang artinya Badung berbagi, dari Badung untuk Bali. Untuk itulah, kami telah berkomitmen penuh membantu wilayah lainnya di Bali,” kata Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, di Buleleng, Kamis (14/3/2019).

Dalam kesempatan itu, Kabupaten Buleleng menjadi sasaran pertama program yang dananya bersumber dari APBD Kabupaten Badung tahun 2019.

Di Buleleng, penyerahan bantuan bedah rumah dipusatkan di dua desa di wilayah Kecamatan Banjar, yaitu Desa Tigawasa dan Desa Pedawa.

Sesuai kebijakan Bupati Giri Prasta, bupati atau kepala daerah penerima bantuan itu diharapkan mengarahkan program pembangunan rumah sehat layak huni ke desa-desa yang masih tergolong miskin.

“Kami memang meminta secara khusus yang menerima bantuan agar diarahkan pada desa-desa yang masih tergolong miskin. Kami tuntaskan di satu wilayah, baru kemudian dilanjutkan di wilayah lain. Misalkan di Buleleng kami minta arahkan di Desa Tigawasa, Pedawa,” katanya.

Program rumah sehat layak huni tersebut yaitu pembangunan rumah dengan dua kamar tidur, satu kamar bebas, kamar tamu, dapur dan kamar mandi. Melalui program itu, diharapkan dapat membantu masyarakat yang belum memiliki rumah yang layak.

Bupati Giri Prasta menjelaskan, untuk enam kabupaten pihaknya menargetkan membangun 2.000 unit rumah sehat dan layak huni dengan anggaran total Rp100 miliar.

“Bantuan Rp50 juta tanpa dipotong pajak ini untuk masing-masing rumah, kami harapkan benar-benar dapat digunakan sesuai peruntukan,” katanya

Apabila memungkinkan, ia meminta dibangun rumah dengan satu model atau seragam, dikerjakan secara bergotong-royong, dan penggunaan anggaran diawasi oleh perbekel dan aparat desa setempat agar anggaran yang diberikan tepat guna dan tepat.

“Melihat potensi yang dimiliki desa-desa Bali Aga ini, kami juga siap memberikan bantuan selanjutnya untuk pengembangan potensi desa, khususnya dalam sektor pariwisata,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Buleleng, I Putu Agus Suradnyana mengatakan, desa-desa seperti, Sidetapa, Cempaga, Tigawasa, Pedawa dan Bayusri yang dulu dikenal dengan desa miskin dan kurang bersahabat, kini sudah banyak berubah.

“Desa tersebut sudah banyak berubah, warganya penuh persahabatan, infrastrukturnya juga sudah bagus. Desa-desa Bali Aga ini memiliki potensi alam yang sangat luar biasa,” katanya.

Untuk mengembangkan wilayah-wilayah itu, saat ini pihaknya juga akan menyusun konsep pariwisata terintegrasi untuk wilayah itu, tentunya dengan meminta bantuan dari Pemkab Badung.

Terkait bantuan bedah rumah, pihaknya mengucapkan terima kasih atas untuk bantuan BKK Badung yang diarahkan untuk bedah rumah dan kegiatan infrastruktur. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu Pemkab Badung dalam upaya-upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya mewakili masyarakat Buleleng mengucapkan terima kasih atas kebijakan Bapak Bupati Badung yang memberikan bantuan yang begitu besar. Tentunya kami akan memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya. (nfy)


Media Zone menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redaksizone@gmail.com, dan redaksi@zone.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending